Destinasi Wisata Lau Kawar

Erupsi Gunung Sinabung Danau Lau Kawar

Destinasi Wisata Lau Kawar merupakan danau terindah di Sumatera Utara selain dari Danau Toba dengan berlokasi di kaki gunung sinabung.

Danau Lau Kawar berada di kaki Gunung Sinabung, seputar 30 km dari Kota Medan. Persisnya, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Destinasi Wisata Lau Kawar Yang Menarik

Danau ini tampilkan keelokan yang menganakemaskan mata, tetapi saat letusan Gunung Sinabung turisnya memang tidak seramai dahulu.

Dari info yang dihimpun wisatadokar, sejauh perjalanan ke arah danau pelancong akan nikmati keelokan teritori Gunung Sinabung. Sesampai di arah, kelihatanlah Danau Lau Kawar sama air warna kehijauan.

Baca Juga: Pantai Duayu Sekundang Jepang Wisata Terunik

Situasi yang sejuk demikian berasa. Sekedar duduk di pinggiran danau sekalian nikmati panorama bukit-bukit hijau dan Gunung Sinabung juga cukup membahagiakan. Apa lagi danaunya bersih dari sampah. Jika ingin kemah juga ada tempat membangun tenda yang lumayan luas.

Tetapi dibalik keelokan danau, ternyata pernah ada pelancong yang sering terganggu makhluk lembut.

Seorang anggota d’Traveler namanya Nina Widiyahwati beberapa lalu pernah bercerita cerita horornya ke detikTravel.

Dia tiba ke Danau Lau Kawar bersama 10 orang temannya. Tetapi belum sampai ke situ, traveler-traveler ini telah terganggu. Menurut info dari orang pandai di tempat, ada penunggu yang tidak senang karena satu dari kelompok ini ada yang buang puntung rokok asal-asalan.

Saat sebelum meneruskan perjalanan, orang pandai itu memperlengkapi mereka sama air putih. Mereka selanjutnya masih ke arah danau untuk kemah, tetapi karena kabut begitu pekat pada akhirnya harus menginap di pemondokan.

Tidak diduga, semalaman di pemondokan mereka terus terganggu makhluk lembut. Dari kemunculan bahkan juga kesurupan berganti-gantian.

Tetapi ini tidak membuat mereka berserah dan cepat-cepat pulang. Pagi harinya, Nina dan beberapa temannya masih jadi tiba ke Danau Lau Kawar.

Wisata Danau Lau Kawer Akibat Erupsi Gunung Sinabung

Mereka jalan-jalan di danau karena masih ingin tahu seperti apakah keelokannya. Nina rasakan situasi tenang, sepi, tetapi ketenangan itu di rasa aneh.

Kembali lagi Nina kesurupan. Dia kembali sadar dengan kontribusi temannya. Selang beberapa saat pada akhirnya mereka memilih untuk langsung pulang saja supaya tidak lagi alami peristiwa aneh.

Nach, buat pelancong yang ingin ke Danau Lau Kawar, tidak ada kelirunya untuk waspada dan masih jaga sikap, supaya tidak alami peristiwa yang tidak diharapkan.

Danau Lau Kawar ialah rekreasi Sumatera Utara kecuali dari Danau Toba. Posisi Danau Lau Kawar ada di kaki Gunung Sinabung, hingga jadi gabungan keelokan alam yang eksotis.

Danau Lau Kawar karena terletak di Kaki Gunung, karena itu kecuali tawarkan daya tarik keelokan danau vulkanik, tetapi di lain sisi Sinabung sebagai gunung yang aktif jadi sedikit masalah.

Erupsi terkini dari Gunung Sinabung terjadi pada awal tahun 2021, persisnya tanggal 03 Januari 2021. Dan peristiwa itu benar-benar berpengaruh untuk wilayah seputar Gunung Sinabung, terhitung Danau Lau Kawar.

Bahkan juga peristiwa Gunung Sinabung sampai sekarang memberi imbas mengagumkan terutamanya untuk Dusun Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Di dusun Berastepu, seolah jadi dusun mati. Karena ada seputar 200 rumah yang ditinggal oleh penghuninya karena erupsi Gunung SInabung.

Walau tidak berarti, ada pengurangan lawatan ke Danau Lau Kawar. Salah-satu factornya sesudah erupsi Gunung Sinabung, dan yang seterusnya karena keadaan wabah.

Meski begitu, daya tarik Danau Lau Kawar begitu menarik hati beberapa pelancong. Hingga lawatan ke posisi Danau Lau Kawar tak pernah kering, khususnya kaula muda.

Lantas apa saja daya tarik keelokan, dan macam aktivias dari Danau Lau Kawar itu? Yok kita baca informasi kompletnya…

Posisi Dan Alamat Destinasi Wisata Lau Kawar

Posisi Danau Lau Kawar ada di Kaki Gunung Sinabung. Adapun alamat Danau Lau Kawar ada di Dusun Kuta Gunung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Probvinsi Sumatera Utara.

Jalur Ke arah Danau Lau Kawar

Akses jalan ke arah Danau Lau Kawar dapat dilewati oleh kendaraan beroda 2, atau beroda 4 sampai ke pinggiran danau.

Sebagian besar keadaan jalan telah baik, walau di sejumlah titik ada kerusakkan jalan. Sampai pada akhirnya beberapa pengunjung datang di gerbang khusus.

Di gerbang khusus, beberapa pengunjung haus bayar ticket masuk. Kemudian, kendaraan beberapa pengunjung akan berjalan di pinggiran danau.

Ada spot sesudah gerbang khusus yang nikmat untuk nikmati keelokan Danau Lau Kawar. Di posisi itu, beberapa pengunjung harus bayar ongkos parkirkan kembali.

Ada spot yang lain yang posisinya ada di sedikit ketinggian Danau Lau Kawar. Dan beberapa pengunjung wajib melakukan perjalanan kembali walau tidak jauh bila memakai kendaraan.

Setelah tiba di persimpangan, karena itu jalan ke samping kanan ialah akses jalan ke arah Villa Danau Lau Kawar. Untuk sampai di spot yang di atas, pengunjung harus pilih lajur yang di kiri.

Setelah tiba di spot yang berada di atas, karena itu pengunjung akan disuruh kembali untuk bayar ticket. Di posisi itu banyak gazebo gratis yang disiapkan untuk beberapa pengunjung.

Sebagai catatan, jumlahnya titik pungutan jadi salah-satu hal yang dirasakan oleh beberapa pengunjung. Mudah-mudahan saja keamanan, dan kenyamanan rekreasi di Danau Lau Kawar bisa selalu terlindungi baik.

Harga Ticket Masuk Danau Lau Kawar

Ongkos masuk Danau Lau Kawar ialah:

  • Rp. 5.000 per motor di gerbang pertama
  • Rp. 5.000 per motor di titik ke dua, sebagai ongkos parkirkan
  • Rp. 5.000 per-orang di spot yang berada di atas.

Jam Membuka Danau Lau Kawar

  • Danau Lau Kawar membuka sepanjang 24 jam
  • Danau Lau Kawar membuka tiap hari

Sarana Di Danau Lau Kawar

Sarana di posisi Danau Lau Kawar termasuk telah komplet. Misalnya :

  • Area parkirkan
  • Toliet
  • Gazebo

Pemondokan Di Danau Lau Kawar

Untuk pengunjung yang ingin bermalam di tempat wisata Danau Lau Kawar, karena itu ada 2 opsi. Yakni :

  • Camping
  • Menginap di Villa di teritori rekreasi Danau Lau Kawar

Daya Ambil Dan Macam Rutinitas Destinasi Wisata Lau Kawar

  1. Daya tarik Keelokan Danau

Danau Lau Kawar mempunyai luas seputar 200 hektar, dengan keadaan air yang tenang, tetapi pada. Beri warna airnya cendering hijau toska, karena sebagai dikuasai oleh watak danau vulkanik.

Daya magnet Danau Lau Kawar karena dikitari oleh bukit, dan gunung-gung, hingga jadi latar alam yang eksotis, ditambahkan udara seputar yang sejuk.

Di pinggiran danau, ada gazebo sebagai lokasi yang nyaman untuk nikmati keelokan Danau Lau Kawar, sekalian makan dengan keluarga.

  1. Camping Dan Mancing

Rutinitas rekreasi di seputar Danau Lau Kawar yang pertama ialah memancing. Danau itu sebagai posisi yang nyaman untuk beraktivitas itu.

Situasi yang tenang, dan view alam seputar yang cantik, membuat situasi makin nyaman untuk beraktivitas memancing ikan.

Setelah itu camping. Rutinitas rekreasi camping di Danau Lau Kawar lebih dikuasai oleh kelompok milenial.

Posisi yang pas untuk lakukan camping, yakni di pinggiran Danau Lau Kawar. Janganlah lupa untuk bawa jaket ya…

Riwayat Dan Mistis Di Danau Lau Kawar

Memiliki riwayat terciptanya Danau Lau Kawar walau berbalut mitologi, namun tetap dipercayai oleh beberapa kelompok warga.

Riwayat terciptanya Danau Lau Kawar bermula dari Dusun Lau Kawar yang terbenam jadi danau, disebabkan oleh doa seorang nenek yang sakit hati, atas tersisa makanan yang diberi padanya.

Adapun mistis di Danau Lau Kawar sekalian sebagai sebuah larangan, ialah :

  • Para pengunjung dilarang lakukan tindakan amoral
  • Para pengunjung dilarang buang sampah asal-asalan

Bila menyalahi, karena itu di posisi danau akan terjadi badai, dan petir. Walau hal itu ialah mistis, tetapi rupanya mempunyai nilai positif yang pantas dijunjung.

Begitu ulasan Danau Lau Kawar, mudah-mudahan kenyamanan dan keamanan di tiap tempat wisata yang berada di Indonesia selalu tersaji, dan lestari.

Tidak boleh buang sampah asal-asalan ya, karena “Sampahmu, Ialah Dosamu”.